Monday, April 27, 2015

Jenis Lovebird

Lovebird merupakan nama umum untuk sembilan spesies burung yang berasal dari genus Agarponis dari ordo Psittaciformes (burung berparuh bengkok). Dari Sembilan spesies, delapan spesies berasal dari dataran Afrika dan satu spesies berasal dari pulau Madagaskar.

Meskipun lovebird mempunyai bentuk fisik yang hampir sama tetapi burung tersebut memiliki karakter yang berbeda - beda seperti bulu, tingkah laku dan warnanya.

Kesembilan jenis lovebird tersebut secara umum dapat dikelompokan menjadi tiga kelompok, yaitu yang pertama, lovebird dengan cincin dimata atau biasa disebut lovebird kacamata atau lovebird klep. Kedua, lovebird mawar. Dan yang ketiga lovebird yang dapat dibedakan jenis kelaminnya.

Kelompok yang pertamalah yang paling banyak diminati oleh kicaumania, kontes burung kelas lovebird biasanya didominasi oleh lovebird kacamata dengan variasi warna dari masing – masing lovebird yang dilombakan.


Penangkaran dan perkawinan silang dengan maksud lahirnya lovebird yang diinginkan dari segi warna menyebabkan lovebird dengan spesies warna asli jarang terdapat dipasaran.

gambar : youtube.com

No comments:

Post a Comment