Tuesday, March 17, 2015

Memulai Penangkaran Semut Rangrang

Untuk memulai penangkaran semut rangrang, yang pertama kali kita persiapkan yaitu lokasi penangkaran, peralatan untuk mengambil semut di alam liar, peralatan untuk memindahkan semut yang diambil dari alam liar ke sarang buatan.

Lokasi Penangkaran

Usahakan lokasi penangkaran aman dari guyuran air hujan, tiupan angin kencang, sorotan cahaya matahari langsung. Sebuah ruangan dengan sirkulasi udara yang bagus merupakan tempat yang cocok untuk menangkarkan semut rangrang.

Peralatan Untuk Mengambil Semut Di Alam Liar

Biasanya, letak sarang semut di alam liar berada pada bagian pohon yang paling tinggi, sehingga kita memerlukan dua sampai tiga bambu kecil yang disambung untuk mengambil sarang tersebut, agar tangan kita tidak habis diserang oleh semut, gunakanlah sarung tangan karet yang dibaluri, bisa dengan tepung tapioka , bisa juga dengan tepung sagu yang banyak tersedia di warung – warung kelontong, untuk membawa semut dan sarangnya ke lokasi tempat penangkaran, masukan semut dan sarangnya tersebut ke dalam karung beras.

Peralatan Untuk Memindahkan Semut yang Diambil dari Alam Liar ke Sarang Buatan.

Persiapkan sebuah rak dua tingkat dan di keempat kaki rak tersebut dipasang mangkuk berisi air untuk menghindari semut kabur dari rak. di rak tingkat pertama letakan ember besar atau sejenisnya, di rak tingkat kedua atau paling atas letakan satu sampai tiga sarang buatan, bisa terbuat dari toples transparan yang diberi lubang, bisa juga dari bambu.

Setelah semut dan sarangnya tiba di lokasi tempat penangkaran, segera pindahkan ke rak penangkaran yang sebelumnya sudah dipersiapkan, masukan semut dan sarangnya ke dalam ember dan semut dengan sendirinya akan pindah dari ember ke sarang buatan yang telah kita sediakan.

No comments:

Post a Comment