Tuesday, January 13, 2015

Tidak Hanya Rokok, Sepeda Motor Pun Bisa Membunuhmu

sumber gambar : masshar2000.com

Yang saya perhatikan, rupaya, tidak hanya makanan sampah saja yang menjadi penyebab mudahnya manusia diserang penyakit, begini

Siapapun, yang sedikit bahkan tidak sama sekali meluangkan waktunya untuk berolahraga, baik karena terlalu sibuk atau karena malas, jangan harap dirinya tidak mudah diserang penyakit, bagaimana darahnya bisa mengalir lancar jika kurang bergerak.

Dikampungku, dulu, jalan rame – rame keliling kampung sudah menjadi kegiatan rutin di minggu pagi, terbitnya matahari yang disambut canda anak – anak laki perempuan di awal tanjakan pinggir sawah selalu menghangatkan suasana, saling tuduh si ini pacar si ini, si ini pacar si itu, jika kebetulan ada mobil mewah lewat, semuanya mengaku bahwa yang nyetir itu bapaknya, selain anak – anak, orang dewasa, orang tua, kakek nenek turut meramaikan suasana berjalan keliling kampung di minggu pagi.

Kegiatan tersebut perlahan satu – satu mulai ditinggalkan seiring derasnya badai promosi sepeda motor, sampai satu rumah satu motor bahkan ada yang dua, sampai ke warung membeli kopi pun memakai sepeda motor, padahal jaraknya cuma terhalang sepuluh rumah saja.

Bagaimana sepeda motor perlahan – lahan tidak akan membunuh penggunanya jika fungsi kaki banyak diambil alih ban depan belakang sepeda motor.

Kemudahan atau kecepatan mendapat yang diinginkan yang ditawarkan sepeda motor, belum tentu membuat kita bahagia. Kesulitan atau lamanya mendapatkan yang diinginkan sebab jalan kaki, belum tentu membuat kita tersiksa.

Menurut saya, seramnya kata dan gambar yang berkaitan dengan rokok, harusnya diterapkan juga pada sepeda motor , misalnya dengan kalimat di bawah iklan sepeda motor yang dipampang dimana – mana, dimana bunyinya seperti ini, "Sepeda motor membunuhmu", dibawahnya diikuti kalimat dengan ukuran huruf yang paling kecil, "Jika sering digunakan untuk beli sesuatu ke warung sebelah". Jangan lupa gambar juga dipampang disamping kalimat tersebut, misalnya dengan  gambar orang merokok sambil naik sepeda motor, tangan kanannya memegang sebungkus rokok, jermari tangan kirinya mengapit sebatang rokok dan mulutnya mengeluarkan kepulan asap rokok yang tersapu angin menutupi mata.

Topik, Januari 2015

No comments:

Post a Comment