Friday, January 9, 2015

Temu Kunci Yang Liar di Hutan Bambu Itu

Siang itu, saat sarapan pagi yang dirapelkan ke makan siang di warung nasi langganan, ada menu baru, lalapan kunci dicampur sambal oncom, tanpa pikir panjang saya pilih menu tersebut, sudah lama tidak merasakan hangatnya lalapan kunci, rasanya kangen juga, dan benar, pada suapan pertama, pikiranku dibawa ke masa silam, saat aku masih bau kencur, pada masa itu tanaman kunci mudah ditemukan disekitar hutan bambu tidak jauh dari rumahku, saat ini, mungkin masih banyak, hanya saja aku tidak terlalu memperhatikan tanaman yang menurutku liar, ya, tanaman liar di hutan bambu.

Ditengah sarapan yang dirapelkan itu tiba – tiba datang seorang anak muda dan langsung menunjuk menu baru tersebut.

Apa itu

Yang punya warung menjawab, itu teh kunci.

Enak ga, anak muda itu penasaran

Enak, hangat.

Bapak – bapak yang sedang makan sambil ngobrol masalah pekerjaan, mendengar seorang anak muda yang tidak tahu  menu baru itu, cepat – cepat mengubah topic pembicaraannya, menurut mereka, anak muda zaman sekarang ini tidak akan tahu jenis – jenis makanan zaman dulu.

Siapa bilang, saya masih muda, tahu kok lalapan kunci, kataku dalam hati.

Kunci itu enak, hangat, apalagi jika memakannya ketika sedang hujan, mmm nyam, enak.

Kan tadi sudah dikatakan sama pemilik warung bahwa kunci itu hangat, sombong benar nih bapak – bapak.

Kita itu, orang tua, atau pemuda pada zaman dulu tidak mengenal makanan instan seperti zaman sekarang, dulu makanan itu sehat – sehat, organik, lihat saja penyakit zaman sekarang, aneh – aneh semua.

Emangnya bapak – bapak ini tidak pernah makan mie instan apa, jadi pingin bawa dunkin donuts, lalu saya tawarin sama mereka yang sedang bangga dengan zaman dulu itu.

Makanan zaman sekarang, tidak ada khasiatnya selain instan, membuat perut kenyang, itu saja, lain tidak. Beda dengan dulu, contohnya kunci, kahsiatnya dapat menghangatkan badan, coba makanan zaman sekarang, kebanyakan sampah, bibit penyakit.

Mendengar tanaman kunci berkhasiat bagi kesehatan, saya jadi penasaran, apa benar, jangan – jangan mereka ngarang, aku membuka google melalui hp ku, lalu kuketik tanaman kunci dan banyak situs yang memuat tentang khasiat tanaman kunci, selain menghangatkan badan, tanaman kunci juga dapat melancarkan pencernaan. Benar juga bapak – bapak itu, lebih penasaran lagi aku ingin tahu sebenarnya nama tanaman kunci itu apa, dan aku menemukan bahwa kunci itu namanya temu kunci.


Topik, Januari 2015

No comments:

Post a Comment