Tuesday, January 6, 2015

Batu Akik

sumber gambar : kvltmagz.com

“Kuberikan untukmu, sebuah batu akik, tanda sayang batin yang tercekik, rawat baik – baik walau kita terjepit, dari kesempatan yang semakin sempit”.

Sepotong lirik lagu Iwan Fals di atas yang berjudul kembang pete, menandakan bahwa batu akik merupakan perhiasan kalangan bawah, masyarakat yang selalu terjepit.

Tapi itu di zaman bang Iwan masih muda. Sekarang, batu akik telah menjadi buruan masyarakat menengah ke atas, sepertinya kalangan bawah yang selalu terjepit itu, tidak akan mampu lagi dan harus membuang jauh – jauh keinginan memiliki sebuah batu akik. Untuk mendapatkan sebuah batu akik, kita harus rela merogoh kocek dalam - dalam.

Banyak cerita tentang batu akik, dari mistis hingga jenis dan kwalitas batu tersebut. Dulu, waktu saya masih duduk di bangku SMP, kalau bicara batu akik maka cerita mistis pun bertebaran, dari pelet hingga pembawa rezeki.

Andai engkau ingin mengakhiri  status jomblomu, dapatkan batu akik dari mbah anu, jika sudah dapat, pakailah, lalu, untuk mengakhiri status jomblomu, jitaklah kepala wanita yang kau idamkan itu dengan batu akik yang kau pakai, dijamin, wanita pujaan hatimu yang telah kau jitak kepalanya, akan mengejar – ngejar engkau sampai engkau didapatkannya, tapi ingat baik – baik, jangan sampai  lupa, jika hendak buang air kecil apalagi air besar, lepas dulu batu akiknya, jangan di bawa – bawa ke kamar mandi, nanti hilang khasiatnya.

Baru – baru ini paman saya dengan tidak sengaja menemukan batu akik di atas tembok penghalang salah satu pemandian umum di kampungnya, saya pikir pemilik batu tersebut lupa memakai kembali batunya setelah buang air kecil, tetapi temannya paman saya bilang, batu yang tidak sengaja ditemukan itu sudah berjodoh dengan paman saya dan ia menyarankan untuk memeriksakan batu tersebut ke orang bisa, katanya, siapa tahu itu batu pembawa rezeki, tetapi jika batu tersebut ternyata untuk memikat wanita, lebih baik kembalikan lagi ke tempat asalnya, bisa gawat nanti, urusannya bisa jadi rumit.

Saat ini batu akik sedang menjadi topik hangat,  di tempat kerja, di warung kopi, dipinggir jalan orang – orang ramai membahas sambil gosok – gosok batu akik. Ada yang memakai batu akik karena kemistisannya. Ada orang yang memakai batu akik sebagai perhiasan karena kwalitas batu yang bagus dan mereka merawatnya sebagai investasi, ada juga orang yang memakai dan merawat batu akik harga kaki lima, seperti kata bang Iwan Fals, sebagai tanda sayang batin yang tercekik.

Topik, Januari 2015

No comments:

Post a Comment