Sunday, May 31, 2015

Nonton Kuda Renggong

Melihat orang – orang yang menari didepan para penabuh, di belakang iring – iringan kuda renggong, seru dan menarik.

Pemuda, Pemudi, anak – anak, ibu – ibu sambil menggendong anaknya, bapak – bapak, bersama – sama  menari dengan gayanya masing – masing, ada yang seluruh tubuhnya menari, ada yang kakinya saja yang menari, ada juga yang cuma telunjuknya saja yang menari, dan ada beberapa yang kesurupan tapi tetap menari, untung siang hari, jika malam hari kayaknya serem juga

Cuaca panas dan penuh debu sepertinya tidak mempengaruhi semangat mereka untuk menari, para penabuh terlihat bersemangat menabuh alat musiknya, suara sinden yang dipertegas alat pengeras suara terdengar stabil, tidak turun seperti kelelahan, tidak naik seperti over gayanya para penari yang kesurupan.

Anak – anak yang menunggangi kuda begitu menikmati tunggangannya, sesekali ada yang ikut menari, orang tua mereka terlihat bangga. Tidak ketinggalan para penonton pun nampak terhibur.

Yang menjadi perhatian saya, apa yang menari sambil kesurupan juga menikmati seni kuda renggong tersebut, apa mereka merasa senang dan bergembira, sementara yang mengendalikan tubuh mereka itu bukan mereka. 

gambar : bandung.bisnis.com

1 comment:

  1. Yang nari kesurupan bukan menikmati musiknya, tapi menikmati uangnya nanti di rumah. he..he..

    ReplyDelete