Sunday, February 15, 2015

Nininnonon

Anis bingbin atau di kalangan kicaumania terkenal dengan nama tledekan, merupakan burung berukuran kecil dengan suara merdu. Jika kita cape sehabis bekerja, merasa bosan, jenuh, mendengar lantunan suara burung tersebut, membuat pikiran jadi rileks, suaranya yang tidak terlalu memekakan telinga dapat menenangkan urat - urat yang tegang.

Nininnonon...nininnonon adalah suara khas kicauan burung tledekan, dikampungku ada yang menyebutnya burung ninin nonon, burung tledekan pandai meniru suara burung lainnya, dari suara burung elang sampai suara burung kedasih bisa dilantunkannya dengan baik.

Seperti burung murai dan kacer, burung tledekan adalah jenis burung petarung, jika didekatkan dengan burung tledekan lainnya maka semangat tempurnya langsung berkobar, sayang, saya belum pernah mendengar ada yang berhasil menangkarkannya, burung tledekan sudah sangat jarang ditemukan di alam liar.

Mungkin, selama belum ada yang berhasil menangkarkan burung tledekan, anak cucu kita, nanti hanya bisa melihat dan mendengar  kicau nininnonon nya burung tledekan lewat rekaman video, itu pun jika ada yang menyimpan rekaman tersebut dengan baik, bukankah kebanyakan diantara kita, jangankan menyimpan dokumentasi tentang burung, dokumentasi tentang diri kita sendiri banyak yang tidak tersimpan dengan baik.

Topik, Februari 2015

No comments:

Post a Comment