Monday, January 26, 2015

Secangkir Kopi Pahit

Sumber gambar : inspirably.com
Santernya info diabetes, peminum kopi+gula divonis berpeluang besar hidupnya akan dirasuki diabetes, padahal, sehari saja tidak minum kopi rasanya pusing, jika sedang melakukan kegiatan, apapun itu, jadi tidak fokus.

Orang yang terkena diabetes, tidak boleh minum gula, kopi+gula, agar nanti tidak dirasuki diabetes, dihilangkan saja gulanya, jadi kopi pahit, biar sekaliana kutelan pahitnya kehidupan, biar bukan para leluhur saja yang minum kopi pahit.

Dan sedikit cerita tentang kopi pahit pun kukarang, ditambah, dikurangi lalu diberi sedikit bubuk fantasi, hingga beginilah jadinya :

Mula – mula pahit lama – lama seperti menghisap kretek dalam – dalam, rasanya seperti duduk dipuncak gunung setelah seharian lelah mendaki.

Minum kopi pahit, jika ada yang memergoki saya minum kopi pahit, bisa – bisa dibilang kerasukan para leluhur, apalagi jika bertepatan malam jumat dimana sesajen yang salah satu menunya kopi pahit masih kental di kampong saya.

Jangan – jangan dulu waktu para leluhur masih hidup, berpesan pada anak cucunya, jika ia meninggal, tiap malam jumat sediakan kopi pahit,  agar mereka selalu ingat pahitnya para leluhur berjuang demi kemerdekaan, dan malam jumat, bisa jadi agar mereka selalu ingat bagaimana takutnya para leluhur saat dikepung penjajah, mengingat dulu malam jumat itu malam yang ditakuti banyak orang.

Semua itu dilakukan dengan harapan generasi selanjutnya mengisi kemerdekaan sebaik – baiknya, mengingat kemerdekaan itu didapat dengan perjuangan yang sangat pahit dan begitu menakutkan.

Sayang, lama – lama dari mulut ke kuping, dari kuping ke mulut jadilah kopi pahit dan malam jumat itu untuk hal – hal berbau mistis.


Topik, Januari 2015

No comments:

Post a Comment