Wednesday, April 8, 2015

Batu Bacan

sumber gambar : youtube.com
Berasal dari pulau kasiruta, halmahera selatan, Maluku Utara, karena pertamakali diperdagangkan di pulau bacan yang letaknya tidak jauh dari pulau kasiruta batu tersebut dinamai bacan

Secara alami, batu bacan yang awalnya berwarna hitam, bertahap warnanya bisa berubah menjadi hijau, tidak sampai disitu, dalam proses pembersihan bisa berubah lagi menjadi hijau bening seperti air, Karena kemampuannya berproses secara alami itu, batu bacan dinamai batu hidup.

Batu bacan dikenal memiliki dua jenis. Pertama, batu bacan doko, pertama kali ditemukan di Desa Doko Kepulauan Kasiruta, hijau tua adalah warna khas dari batu bacan doko. Kedua, Batu Bacan Palmea, juga diambil dari nama desa di pulau kasiruta, warnanya hijau muda kebiruan.

Tingkat kekerasan batu bacan mencapai 7,5 skala Mohs, seperti batu jamrud, melebihi batu giok.

Batu bacan sering dijadikan hadiah untuk tamu yang mengunjungi pulau - pulau di Maluku, pada 1960 presiden Sukarno dihadiahi batu bacan oleh warga saat berkunjung ke pulau bacan, dan saat Presiden Amerika, Barrack Obama berkunjung ke Indonesia, ia dihadiahi batu bacan oleh Presiden SBY.

No comments:

Post a Comment